<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Multimedia Interaktif dengan\r\nStrategi Episodic Mapping untuk Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI\r\nSMA"^^ . "Penelitian ini memiliki empat tujuan. Pertama, mengidentifikasi kebutuhan\r\npeserta didik dan guru yang terkait pembelajaran menulis teks cerpen. Kedua,\r\nmengembangkan produk media pembelajaran yang sesuai dengan analisis\r\nkebutuhan. Ketiga, memvalidasikan produk awal media kepada ahli. Keempat,\r\nmelakukan uji coba produk media pembelajaran yang dikembangkan. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada\r\nlangkah model pengembangan Borg & Gall, yang dilakukan melalui beberapa\r\ntahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan\r\nbeberapa produk awal, dan (4) uji coba. Subjek uji coba lapangan 88 peserta \r\ndidik. Data dikumpulkan dengan: (1) angket analisis kebutuhan melalui \r\nwawancara, observasi, dan angket; (2) angket validasi ahli; (3) angket uji coba\r\nproduk untuk mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan multimedia\r\ninteraktif dalam pembelajaran menulis cerpen yang dikembangkan. \r\nHasil penelitian adalah sebagai berikut, (1) Kebutuhan meliputi ketersediaan\r\nmedia pembelajaran menulis cerpen yang baru, menarik, tepat, memudahkan dan\r\nmemotivasi peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran menulis cerpen.\r\nKelemahan peserta didik adalah kurang mampu dalam menemukan dan\r\nmengembangkan ide menjadi beberapa paragraf yang baik. Keinginan guru dan\r\npeserta didik yaitu adanya media pembelajaran yang mampu membantu siswa\r\ndalam menulis cerpen. (2) Produk pengembangan multimedia interaktif ini terdiri\r\ndari materi teks cerpen. Strategi episodic mapping ini benar-benar dapat\r\nmembantu siswa mengembangkan ide karena dalam episodic mapping ini siswa\r\ndituntun untuk menentukan unsur intrinsik dalam cerpen. (3) Hasil validasi ahli\r\nmateri terhadap produk multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping\r\npada kategori “baik” dengan skor rata-rata 4,07; validasi ahli media terhadap\r\nproduk multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping pada kategori\r\n“baik” dengan skor rata-rata 4,00; dan validasi pengguna terhadap multimedia\r\ninteraktif dengan strategi episodic mapping pada kategori “sangat baik” dengan\r\nskor rata-rata 4,40. (4) Produk akhir memenuhi kualifikasi kelayakan produk yang\r\nditunjukkan dengan hasil angket respon peserta didik bahwa multimedia interaktif\r\ndengan strategi episodic mapping yang dikembangkan pada aspek kualitas\r\ntampilan pada kategori “baik” dengan skor 3,78, pada aspek kualitas penyajian\r\nproduk dengan kategori “baik” skor 3,97, dan manfaat produk dengan skor 4,17\r\nkategori “baik”. Dari hasil validasi multimedia interaktif dengan strategi episodic\r\nmapping untuk pembelajaran menulis cerpen sangat membantu siswa dalam\r\nmenulis cerpen. Multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping ini bisa\r\nmenjadi salah satu alternatif sumber belajar dalam menulis cerpen. \r\n\r\nKata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, strategi episodic mapping, \r\nmenulis cerpen."^^ . "2018-09-28" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Hemas Haryas Harja"^^ . "Susetya"^^ . "Hemas Haryas Harja Susetya"^^ . . . . . . "Pengembangan Multimedia Interaktif dengan\r\nStrategi Episodic Mapping untuk Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI\r\nSMA (Text)"^^ . . . "Tesis Hemas Haryas Harja Susetya.swf"^^ . . "HTML Summary of #60915 \n\nPengembangan Multimedia Interaktif dengan \nStrategi Episodic Mapping untuk Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI \nSMA\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . .