%0 Thesis %9 S1 %A Nur Solekhah, Juliana Anggaini %B Pendidikan Seni Rupa %D 2018 %F UNY:60908 %I Fakultas Bahasa dan Seni %K Pengembangan Media, Panduan Menggambar dan Mewarnai, TK %T PENGEMBANGAN SUPLEMEN PANDUAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DAN MEWARNAI UNTUK GURU TK DI PONJONG, GUNUNG KIDUL %U http://eprints.uny.ac.id/60908/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen panduan menggambar dan mewarnai untuk guru TK di Ponjong, Gunung Kidul, serta mengetahui kelayakan sulemen panduan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, dan guru TK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg and Gall. Tahapan pengembangan yang dilakukan yaitu : 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Produk Akhir. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Media yang dikembangkan di uji cobakan kepada guru TK Mayithoh Karangijo, TK ABA Padangan, TK ABA Sambirejo, TK ABA Karangijo, dan TK ABA Kuwon. Suplemen panduan menggambar dan mewarnai untuk guru TK berisikan materi teori warna, teknik mewarnai, langkah-langkah menggambar dan mewarnai dengan mengambil tema dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Semester Ganjil di TK. Suplemen panduan dibuat secara manual, kemudian difoto dan discan. Setelah melalui proses tersebut, materi dan hasil scan disusun dengan menggunakan software Corel Draw X7. Tingkat kelayakan suplemen panduan berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan nilai sebesar 91,2% dan termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian dari ahli materi mendapatkan penilaian sebesar 94,25% dan termasuk dalam kategori sangat layak. respon guru terhadap suplemen panduan ini mendapatkan respon positif dengan mendapatkan penilaian sebesar 93,5%. Dari penilaian keseluruhan dapat disimpulkan bahwa suplemen panduan menggambar dan mewarnai ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. %Z Dr. Zulfi Hendri, M.Sn. (Dosen Pembimbing)