%T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR B PADA MATA PELAJARAN PENGELASAN PEMATRIAN DI SMK YAPPI WONOSARI TAHUN 2016/2017 %D 2018 %I Fakultas Teknik %K snowball throwing , keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa, SMK YAPPI %A Deva Krisna Wibowo %X Rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran atau karakteristik siswa yang menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKR B pada mata pelajaran pengelasan pematrian setelah diterapkan model pembelajaran snowball throwing di SMK YAPPI Wonosari tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing . Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR B di SMK YAPPI Wonosari tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa, sedangkan objek yang diamati adalah keaktifan siswa di kelas dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X TKR B pada mata pelajaran pengelasan pematrian, Rata-rata nilai Keaktifan siswa pada siklus 1 sebesar 63,2% meningkat pada siklus 2 menjadi 75,6%. (2) Penerapan model pembelajaran Snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR B pada mata pelajaran pengelasan pematrian, Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 54,8 % meningkat pada siklus 2 menjadi 75,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. %L UNY60895