TY - THES AV - public M1 - skripsi TI - KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SD SE-KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH A1 - Ega Christyawan, Agusta PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan KW - kompetensi KW - kepribadian KW - Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Y1 - 2018/// N2 - Guru sering dijadikan tokoh teladan bagi peserta didik, bahkan ada juga yang menjadikan guru sebagai tokoh identifikasi diri. Guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang memadai untuk mengembangkan peserta didik secara utuh. Maka dari itu perlu diketahuiterlebih dahulu seberapa besar kompetensi kepribadian guru zaman sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani SD se-Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini sekitar 800 lebih sekolah dasar, sampel yang diambil sebanyak 80 sekolah dasar. Namun responden yang bersedia dan siap hanya 56 sekolah dasar. Instrumen yang digunakan berupa skala kepribadian dengan 29 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa terdapat 2 guru (4,00%) yang berkategori sangat baik, 16 guru (28,57%) kategori baik, 22 guru (39,28%) kategori cukup baik, 9 guru (16,08%) kategori buruk, 7 guru (17,50%) kategori sangat buruk. Berdasarkan hasil persentase dan frekuensi terlihat bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani SD se-Kabupaten Klaten yang mempunyai peresentase paling tinggi yaitu pada kategori cukup baik dengan peresentase sebesar 39,28%. ID - UNY60870 UR - http://eprints.uny.ac.id/60870/ ER -