TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemandirian belajar Praktik Industri siswa kelas XII Tata Busana di SMK Negeri 1 Pandak, (2) hasil belajar Busana Wanita siswa kelas XII Tata Busana di SMK Negeri 1 Pandak, dan (3) membuktikan ada tidaknya hubungan kemandirian belajar Praktik Industri dengan hasil belajar Busana Wanita siswa kelas XII Tata Busana di SMK Negeri 1 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Tata Busana di SMKN 1 Pandak yang menempuh mata pelajaran Busana Wanita sebanyak 42 orang.Ukuran sampel penelitian sebanyak 42 orang dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan angket untuk mengukur kemandirian belajar Praktik Industri siswa dan dokumentasi dari guru untuk hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemandirian belajar Praktik Industri siswa kelas XII Tata Busana SMKN 1 Pandak menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemandirian belajar Praktik Industri dengan kategori sedang dibuktikan dengan sebanyak 9,5% dalam kategori rendah, 69,1% dalam kategori sedang dan yang berada dalam kategori tinggi sebanyak 21,4%. (2) hasil belajar Busana Wanita siswa kelas XII Tata Busana SMKN 1 Pandak menunjukkan bahwa hasil belajar dalam kategori tinggi sebesar 19,1%, kategori sedang yaitu sebesar 71,4%, dan pada kategori rendah sebesar 9,5%. (3) terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar Praktik Industri (x) dengan Hasil belajar Busana Wanita (y) di SMK Negeri 1 Pandak, pada taraf signifikansi 5% diperoleh r hitung (0,779) > r tabel (0,304) sehingga koefisien korelasi X terhadap Y adalah signifikan. Y1 - 2018/10/25/ A1 - Yuliasih, Yuliasih PB - Fakultas Teknik ID - UNY60858 M1 - skripsi AV - public TI - HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PRAKTIK INDUSTRI DENGAN HASIL BELAJAR BUSANA WANITA SISWA KELAS XII TATA BUSANA SMK NEGERI 1 PANDAK KW - Kemandirian Belajar KW - Hasil Belajar KW - Busana Wanita UR - http://eprints.uny.ac.id/60858/ ER -