eprintid: 6084 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 72 dir: disk0/00/00/60/84 datestamp: 2012-09-19 12:13:35 lastmod: 2012-09-19 12:13:35 status_changed: 2012-09-19 11:05:16 type: article metadata_visibility: show title: Pemikiran Dasar Para Philisofi Pendidikan ispublished: pub full_text_status: public abstract: Apa perlunya philosophy dalam pengembangan pendidikan vokasi menjadi pertanyaan mendasar dan menarik dalam kajian tugas individu satu ini. Mengutip pernyataan Dewey bahwa tugas philosopher adalah memberikan garis-garis arahan bagi perbuatan. Karenanya philosophy sangat penting dalam setiap proses pengembangan pendidikan agar tidak salah arah atau tanpa sadar arah. Pendidikan vokasi sebagai education-for-work didasarkan atas philosophy esensialisme, eksistensialisme, dan pragmatisme. Strom mengutip pernyataan Miller (1994) bahwa pragmatisme merupakan philosophy yang paling efektif untuk education-for-work. Karena philosophy pragmatisme menyeimbangkan philosophy esensialisme dan eksistensialisme. Disamping itu philosophy lainnya yang mendasari pendidikan vokasi adalah philosophy humanisme dalam kaitannya dengan personal growth dan philosophy progressive dalam kaitannya dengan reformasi sosial. publication: non refereed: TRUE citation: UNSPECIFIED Pemikiran Dasar Para Philisofi Pendidikan. non.