<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Buku MathLite dalam Meningkatkan\r\nMotivasi, Minat, dan Menurunkan Kecemasan Matematika Siswa Kelas IV SD\r\nSekecamatan Magelang Tengah"^^ . "MathLite adalah buku sastra anak yang mengandung konsep matematika.\r\nKelebihan dari buku ini adalah menggabungkan teori belajar Bruner, Piaget, dan\r\nVygotsky. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengembangkan buku MathLite\r\nyang layak dalam meningkatkan motivasi, minat, dan menurunkan kecemasan\r\npada mata pelajaran matematika siswa SD kelas IV dan (2) Untuk mengetahui\r\nefektivitas buku MathLite untuk meningkatkan motivasi, minat, dan menurunkan\r\nkecemasan pada mata pelajaran matematika siswa SD kelas IV. \r\nDesain Research and Development ini menggunakan desain Borg and Gall\r\n(1983). Dengan 10 tahap yaitu (1) penelitian dan studi pendahuluan, (2)\r\nperencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji lapangan terbatas,\r\n(5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan lebih luas, (7) revisi hasil uji\r\nlapangan lebih luas, (8) uji efektifitas, (9) Revisi hasil uji efektivitas, dan (10)\r\ndeseminasi dan sosialisasi produk akhir. Subjek uji coba lapangan terbatas adalah\r\nsiswa kelas IV SD Kristen 1 Magelang sebanyak 11 siswa. Subjek uji coba\r\nlapangan adalah 35 siswa kelas IV SD Pantekosta Magelang. Subjek uji efektifitas\r\nadalah siswa kelas IV A SDN Kemirirejo 1 Magelang sebanyak 36 siswa.\r\nPenelitian ini menggunakan teknik non-test, metode kuesioner dengan instrumen\r\nskala. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas isi dan uji reliabilitas dengan\r\nkoefisien korelasi setiap itemnya > 0,30. Penilaian kelayakan dilakukan oleh\r\nvalidator (ahli media, materi, dan sastra anak) dan uji kepraktisan dilakukan oleh\r\nguru dan murid. Uji efektivitas MathLite dilakukan dengan design penelitian\r\npraeksperimental menggunakan skala motivasi, minat, dan kecemasan\r\nmatematika. Teknik analisis data adalah paired sample t-test dengan taraf\r\nsignifikansi 0,05. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa MathLite mendapat kriteria penilaian\r\nBaik dari ahli media, dan materi, dan berkriteria sangat baik dari ahli sastra anak.\r\nMathLite dinilai praktis karena memperoleh kriteria sangat baik oleh siswa dan\r\nguru. Skor rata-rata motivasi matematika meningkat dari 39,11 menjadi 41,33,\r\nskor minat matematika meningkat dari 33,42 menjadi 35,08, dan skor kecemasan\r\nmatematika menurun dari 21,39 menjadi 21,06. Hasil uji efektivitas menunjukkan\r\nbahwa MathLite secara signifikan mampu meningkatkan motivasi (p=0,000) dan\r\nminat siswa (p=0,003) terhadap matematika tetapi belum signifikan menurunkan\r\nkecemasan matematika siswa (p=0,575). \r\n\r\nKata Kunci: matematika, literasi anak, MathLite, sastra anak, motivasi, minat, \r\nkecemasan matematika"^^ . "2018-08-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Yohana"^^ . "Setiawan"^^ . "Yohana Setiawan"^^ . . . . . . "Pengembangan Buku MathLite dalam Meningkatkan\r\nMotivasi, Minat, dan Menurunkan Kecemasan Matematika Siswa Kelas IV SD\r\nSekecamatan Magelang Tengah (Text)"^^ . . . "Yohana Setiawan (15712251066).swf"^^ . . "HTML Summary of #60787 \n\nPengembangan Buku MathLite dalam Meningkatkan \nMotivasi, Minat, dan Menurunkan Kecemasan Matematika Siswa Kelas IV SD \nSekecamatan Magelang Tengah\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . .