%L UNY60736 %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran STEM PjBL kelas VIII SMP yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan praktik ilmiah, praktik rekayasa, dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan. Terdapat empat tahapan pada model 4-D, yaitu (a) pendefinisian (define), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (develop), (d) penyebaran (disseminate). Penelitian ini menggunakan angket, lembar observasi, dan tes untuk mengumpulkan data. Kelayakan RPP dan LKPD STEM PjBL dinilai menggunakan angket oleh ahli dan praktisi. Validitas konten instrumen dianalisis menggunakan analisis V Aiken. Validitas empirik instrumen angket dan soal pilihan ganda dianalisis menggunakan program Quest berdasarkan teori respon butir. Reliabilitas angket dianalisis menggunakan persamaan alpha Cronbach. Reliabilitas soal pilihan ganda dianalisis menggunakan persamaan KR-20. Keefektifan perangkat pembelajaran STEM PjBL dianalisis berdasarkan nilai gain ternormalisasi, uji MANOVA, dan uji efek antar subjek. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Bantul dan SMPN 1 Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Subjek uji sebanyak 70 peserta didik kelas VIII 2017/2018 ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kepraktisan perangkat pembelajaran STEM PjBL dianalisis berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan RPP dan respon peserta didik terhadap LKPD STEM PjBL. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran STEM PjBL kelas VIII SMP pada tema ―Tekanan Zat pada Teknologi Kapal‖ yang terdiri dari RPP, LKPD, dan instrumen penilaian. RPP dan LKPD STEM PjBL dinyatakan layak dengan nilai A. Instrumen penilaian dinyatakan valid dan reliabel. Perangkat pembelajaran STEM PjBL efektif meningkatkan meningkatkan praktik ilmiah, praktik rekayasa, dan sikap ilmiah peserta didik SMP dengan gain bernilai positif, uji MANOVA menghasilkan p-value < α (0,05), dan nilai uji efek antar subjek menghasilkan p-value < α (0,05). Kepraktisan perangkat pembelajaran STEM PjBL dibuktikan oleh 97% pembelajaran terlaksana dengan sangat baik dan respon peserta didik terhadap LKPD STEM PjBL berkategori baik. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, STEM PjBL, praktik ilmiah, praktik rekayasa, sikap ilmiah %A Harsi Admawati %T Pengembangan Perangkat Pembelajaran STEM PjBL untuk Meningkatkan Praktik Ilmiah, Praktik Rekayasa, dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMP %D 2018 %I UNY