<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Domain IPA \r\nTerintegrasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah Peserta Didik."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan video pembelajaran \r\nberbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal yang layak digunakan untuk \r\npembelajaran IPA materi “Perubahan Benda di Sekitar Kita” peserta didik kelas VII \r\nSMP; (2) mengetahui keefektifan video pembelajaran berbasis domain IPA \r\nterintegrasi potensi lokal untuk meningkatkan keterampilan proses IPA peserta didik \r\nSMP dan (3) mengetahui keefektifan video pembelajaran berbasis domain IPA \r\nterintegrasi potensi lokal untuk meningkatkan sikap ilmiah peserta didik SMP. \r\nJenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan pendidikan (R&D). \r\nProsedur pengembangan produk pada penelitian ini diadaptasi dari model \r\npengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel \r\n(1974). Penelitian dilaksanakan di tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu: \r\nSMP Negeri 2 Patuk dan SMP Negeri 3 Patuk, Kabupaten Gunungkidul serta SMP \r\nNegeri 1 Polewali, Kabupaten Polewali Mandar. Subjek penelitian ini adalah peserta \r\ndidik kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 dengan rincian: uji coba awal \r\nmenggunakan 12 orang peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Patuk dan uji coba \r\nutama menggunakan 160 orang peserta didik, dengan rincian: (1) 64 orang peserta \r\ndidik kelas VII SMP Negeri 2 Patuk; (2) 43 orang peserta didik kelas VII SMP \r\nNegeri 3 Patuk dan (3) 53 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Polewali. \r\nInstrumen untuk mengukur kelayakan produk menggunakan lembar validasi \r\npenilaian produk berupa angket. Instrumen untuk mengukur keefektifan produk \r\ndalam meningkatkan keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah peserta didik \r\nmenggunakan instrumen yang diadopsi dari Agus Dwiyanto (2016) dan Arifah Putri \r\nKurniati (2017). Analisis data menggunakan uji Manova dan Anova satu arah \r\ndengan taraf siginikansi sebesar 0,05. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran berbasis domain \r\nIPA terintegrasi potensi lokal layak digunakan untuk pembelajaran IPA materi \r\n“Perubahan Benda di Sekitar Kita” peserta didik kelas VII SMP; (2) video \r\npembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal efektif untuk \r\nmeningkatkan keterampilan proses IPA peserta didik SMP dan (3) video \r\npembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal efektif untuk \r\nmeningkatkan sikap ilmiah peserta didik SMP"^^ . "2018-09-28" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Jumriani"^^ . "Jumriani"^^ . "Jumriani Jumriani"^^ . . . . . . "Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Domain IPA \r\nTerintegrasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. (Text)"^^ . . . "tesis-jumriani-16708251026.swf"^^ . . "HTML Summary of #60703 \n\nPengembangan Video Pembelajaran Berbasis Domain IPA \nTerintegrasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah Peserta Didik.\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . .