%0 Thesis %9 S2 %A Afrilia, Dianti %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:60698 %I UNY %K kompetensi, kepemimpinan, budaya, efektivitas sekolah %T Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Instruksinal, dan Budaya Sekolah terhadap Efektivitas Sekolah di SMP/MTs se-Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. %U http://eprints.uny.ac.id/60698/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh: (1) kompetensi guru terhadap efektivitas sekolah; (2) kepemimpinan instruksional terhadap efektivitas sekolah; (3) budaya sekolah terhadap efektivitas sekolah; dan (4) kompetensi guru, kepemimpinan instruksional dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap efektivitas sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dangan desain penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMP/MTs se-Kecamatan Pakem, Kabapaten Sleman, dengan populasi 142 orang guru. Sampel sejumlah 100 orang guru ditentukan dengan menggunakan rumus dari Krejcie dan Morgan, serta tabel bantu Isaac dan Micheal dengan tingkat kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala penilaian 1 sampai dengan 4. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap efektivitas sekolah dengan kontribusi sebesar 40%. (2) Terdapat pengaruh kepemimpinan instruksional terhadap efektivitas sekolah degnan kontribusi sebesar 28,4%. (3) Terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap efektivitas sekolah dengan kontribusi sebesar 35,1%. (4) Terdapat pengaruh kompetensi guru, kepemimpinan instruksional dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap efektivitas sekolah dengan kontribusi sebesar 58,2%.