@phdthesis{UNY60675, month = {October}, author = {Azmil Hasan Lubis}, title = {Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika}, school = {UNY}, year = {2018}, url = {http://eprints.uny.ac.id/60675/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku cerita bergambar berbantuan Augmented reality yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter disiplin siswa kelas IV SD; (2) mengetahui keefektifan buku yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter disiplin siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis research and development yang mengacu pada 10 langkah pada model Borg and Gall. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Berbah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket studi pendahuluan, angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon siswa, pedoman observasi karakter disiplin, dan tes kemampuan berpikir kritis. Kelayakan buku cerita bergambar berbantuan Augmented reality dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam 4 katogori kuantitatif. Keefektifan media buku cerita bergambar berbantuan Augmented reality dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter disiplin dianalisis dengan analisis statistik inferensial dengan melakukan uji-t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa: (1) media dalam bentuk buku cerita bergambar berbantuan Augmented reality yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta angket respon guru dan angket respon siswa dengan kategori sangat baik; (2) media buku cerita bergambar berbantuan Augmented reality dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter disiplin siswa kelas IV SD se-Kecamatan Berbah. Hasil uji-t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar berbantuan Augmented reality dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter disiplin siswa kelas IV SD secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,05 (sig. {\ensuremath{<}} 0,05). Kata Kunci: media, buku cerita bergambar, Augmented reality, kemampuan berpikir kritis, karakter disiplin, pembelajaran matematika} }