eprintid: 60620 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1213 dir: disk0/00/06/06/20 datestamp: 2018-10-18 00:32:32 lastmod: 2019-01-30 17:21:11 status_changed: 2018-10-18 00:32:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prasetiyo, Barep corp_creators: Aman title: Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: C8 divisions: fis_pend_sejarah full_text_status: none abstract: Tujuan pembuatan skripsi ini adalah (1) mengetahui hubungan antara minat dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) untuk mengetahui hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel Minat (X1), Motivasi Belajar (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi Belajar Sejarah (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dengan prestasi belajar, dimana rhitung sebesar 0,420, sedangkan rtabel dengan N=89 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,207, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,420 > 0,207). (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah, dimana rhitung sebesar 0,511, sedangkan rtabel dengan N=89 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,207, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,511 > 0,207). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah, dimana Fhitung sebesar 18,384, sedangkan Ftabel dengan N=89 pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,10, jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel (18,384 > 3,10). Kata Kunci: Minat, Motivasi, Prestasi Belajar. date: 2018 date_type: published institution: FIS department: Pendidikan Sejarah thesis_type: skripsi official_url: http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php?p=show_detail&id=888 citation: Prasetiyo, Barep (2018) Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018. S1 thesis, FIS.