TY - THES PB - Fakultas Ekonomi A1 - Hidayat, Arum Nur Y1 - 2018/10/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017; (2) pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017; dan (3) pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 77 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi artinya seluruh populasi dalam penelitian digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 77 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,395>1,994), nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,359; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,801>1,994), nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,296; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pajangan Bantul tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (39,203>3,120), dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Besarnya kontribusi variabel Minat Belajar, dan lingkungan teman sebaya sebesar 56,8%, sedangkan sisanya sebesar 43,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. UR - http://eprints.uny.ac.id/60615/ KW - Minat Belajar KW - Lingkungan Teman Sebaya KW - dan Prestasi Belajar Akuntansi AV - public TI - PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017 ID - UNY60615 M1 - skripsi ER -