@phdthesis{UNY60460, year = {2018}, school = {Fakultas Teknik}, title = {PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2016/2017}, author = {Ardi Maharta}, month = {October}, note = {Djoko Santoso, M.Pd (Dosen Pembimbing)}, keywords = {aktivitas, hasil belajar, NHT, make a match, perbandingan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/60460/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan metode Kooperatif NHT dan make a match pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, (2) perbedaan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan make a match dalam mata pelajaran KKPI kelas X Muhammadiyah 2 Muntilan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen yang dilakukan pada kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan yaitu kelas X ADP yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKJ yang berjumlah 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan Kooperatif tipe NHT dan kelompok kontrol menggunakan Kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran KKPI. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan uji beda (uji-t) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) metode NHT meningkatkan aktivitas belajar siswa sebesar 81\% menjadi 84\%, (2) metode NHT meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 59,88 menjadi 79,48, (3) metode make a match meningkatkan aktivitas belajar sebesar 67\% menjadi 81\%, (4) metode pembelajaran make a match meningkatkan hasil belajar sebesar 60,48 menjadi 76,75, (5) perbandingan antara NHT dan make a match untuk hasil belajar dan aktivitas menunjukkan peningkatan aktivitas belajar metode NHT sebesar 3\% lebih rendah dibandingkan dengan make a match sebesar 14\%, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode NHT memiliki rata-rata peningkatan sebesar 19,6 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode make a match sebesar 16,27.} }