%0 Thesis
%9 S1
%A Kumila Wijayanti, Ria 
%B Administrasi Pendidikan
%D 2012
%F UNY:6042
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%T PENYELENGGARAAN PENILAIAN KELAS  DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE- KECAMATAN PIYUNGAN  KABUPATEN BANTUL
%U http://eprints.uny.ac.id/6042/
%X ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)perencanaan yang  dilakukan guru dalam penyelenggaraan penilaian kelas; 2)pelaksanaan  penilaian kelas; 3)hambatan yang terjadi dalam penyelenggaraan penilaian  kelas; serta 4)upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam penyelenggaraan  penilaian kelas.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam  penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri di Kecamatan Piyungan dengan  jumlah responden 88 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam  penelitian ini adalah angket, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang  diperoleh dianalisis dengan teknik persentase.  Hasil penelitian terhadap guru kelas di SD Negeri se Kecamatan  Piyungan Kabupaten Bantul menunjukkan bahwa: 1)perencanaan penilaian  kelas termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase 75,57%;  2)pelaksanaan penilaian kelas termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata  persentase 68,91%; 3)hambatan yang bersumber dari kemampuan dialami oleh  sebanyak 92,04% guru, hambatan yang bersumber dari motivasi dialami oleh  sebanyak 59,09% guru, hambatan yang bersumber dari sarana dialami oleh  sebanyak 89,77% guru, hambatan yang bersumber dari supervisi kepala  sekolah dialami oleh sebanyak 34,09% guru, hambatan dari sumber lain yang  berasal dari siswa dan orang tua siswa dialami oleh sebanyak 27,27% guru; 4)  upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam  penyelenggaraan penilaian kelas antara lain dengan mencari literatur tentang  model penilaian kelas, mengikuti kegiatan diklat dan seminar, mencoba untuk  memotivasi diri sendiri dan menggunakan waktu di rumah untuk  menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang terkait dengan penyelenggaraan  penilaian kelas, mengajukan sarana yang dibutuhkan kepada kepala sekolah,  membuat sendiri alat-alat tertentu yang diperlukan dalam penilaian, guru  secara aktif bertanya sendiri mengenai penilaian kelas kepada kepala sekolah,  menggunakan cara penilaian yang menyenangkan, guru juga melakukan  komunikasi dengan orang tua siswa terkait perkembangan putra-putrinya.  Kata kunci : penyelenggaraan, penilaian kelas, guru sekolah dasar