@phdthesis{UNY6042,
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2012},
           month = {September},
          author = {Ria  Kumila Wijayanti},
           title = {PENYELENGGARAAN PENILAIAN KELAS
DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE- KECAMATAN PIYUNGAN
KABUPATEN BANTUL},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/6042/},
        abstract = {ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)perencanaan yang
dilakukan guru dalam penyelenggaraan penilaian kelas; 2)pelaksanaan
penilaian kelas; 3)hambatan yang terjadi dalam penyelenggaraan penilaian
kelas; serta 4)upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam penyelenggaraan
penilaian kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri di Kecamatan Piyungan dengan
jumlah responden 88 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan teknik persentase.
Hasil penelitian terhadap guru kelas di SD Negeri se Kecamatan
Piyungan Kabupaten Bantul menunjukkan bahwa: 1)perencanaan penilaian
kelas termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase 75,57\%;
2)pelaksanaan penilaian kelas termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata
persentase 68,91\%; 3)hambatan yang bersumber dari kemampuan dialami oleh
sebanyak 92,04\% guru, hambatan yang bersumber dari motivasi dialami oleh
sebanyak 59,09\% guru, hambatan yang bersumber dari sarana dialami oleh
sebanyak 89,77\% guru, hambatan yang bersumber dari supervisi kepala
sekolah dialami oleh sebanyak 34,09\% guru, hambatan dari sumber lain yang
berasal dari siswa dan orang tua siswa dialami oleh sebanyak 27,27\% guru; 4)
upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam
penyelenggaraan penilaian kelas antara lain dengan mencari literatur tentang
model penilaian kelas, mengikuti kegiatan diklat dan seminar, mencoba untuk
memotivasi diri sendiri dan menggunakan waktu di rumah untuk
menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang terkait dengan penyelenggaraan
penilaian kelas, mengajukan sarana yang dibutuhkan kepada kepala sekolah,
membuat sendiri alat-alat tertentu yang diperlukan dalam penilaian, guru
secara aktif bertanya sendiri mengenai penilaian kelas kepada kepala sekolah,
menggunakan cara penilaian yang menyenangkan, guru juga melakukan
komunikasi dengan orang tua siswa terkait perkembangan putra-putrinya.
Kata kunci : penyelenggaraan, penilaian kelas, guru sekolah dasar}
}