eprintid: 60336 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1186 dir: disk0/00/06/03/36 datestamp: 2018-10-04 03:10:48 lastmod: 2019-01-30 17:16:52 status_changed: 2018-10-03 09:09:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: mrpratiwi25@gmail.com creators_name: Rizki Pratiwi, Mifta creators_id: mrpratiwi25@gmail.com title: PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PROGRAM SEKOLAH BERBASIS BUDAYA DI SD NEGERI MENDIRO ispublished: pub subjects: sosio_pendidikan divisions: fip_fsp full_text_status: restricted keywords: persepsi, CIPP, sekolah berbasis budaya abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya di SD N Mendiro Kabupaten Kulon Progo. Hal-hal yang dikaji dalam penelitian ini meliputi: (1) konteks program sekolah berbasis budaya (visi,misi, tujuan, manfaat dan sasaran program); (2) input program sekolah berbasis budaya (sumber daya manusia, sarana dan prasarana, prosedur dalam pelaksanaan program); (3) proses program sekolah berbasis budaya (jadwal dan materi kegiatan ekstrakurikuler membatik dan karawitan); (4) produk program sekolah berbasis budaya (hasil dari program). Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner, sementara itu uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek konteks termasuk kategori sangat baik; (2) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek input termasuk kategori sangat baik; (3) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek proses termasuk kategori baik; (4) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek produk termasuk kategori baik. date: 2018-10-03 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP thesis_type: skripsi referencetext: Akdon. (2006). Srategic Managemen for Educational Management. Bandung: Alfabeta. Arikunto.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S.& Jabar,C.S.A (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Proktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara. Badan Pusat Statistik.(2010). Mengulik Data Suku di Indonesia. Diakses melalui www.bps.go.id pada tanggal 20 November 2017. Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta. Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dewantara, K.H.(2011). Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. Dwiningrum, S.I.A. (2013). Nation’s Character Education Based on the Social Capital Theory. [Versi Elektronik]. Asian Social Science, 12, 144-155. Hurmaini, M. (2015). Evaluation and Social Internship Program of IAIN Sultan Thaha Saiffudin Jambi Students: Using Conetxt, Input, Process and Product Model ( CIPP Model). [Versi Elektronik]. DOI,1, 23-32. Kamal, M.(2013). Pendidikan Multikulturl Bagi Masyarakat Indonesia Yang Majemuk. [Versi Elektronik]. Al-Ta’lim Journal, 20,451-459. Kembara, B.S. 2010. Pengaruh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Bidang Agribisnis Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Sipogu. Diakses melalui http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29235/6/Cover.pdf pada 20 November 2017. Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antorpologi. Jakarta: Rineka Cipta. Mahfud, C. (2016). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Mitayani, Astri.N, Suwanli.R, Wijaya.M.I. (2016). Model Sekolah Berbasis Budaya Di Smp Negeri 3 Banguntapan Bantul. [Versi Elektronik]. XI (2). Ningrum, E.(2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. [Versi Elektronik]. Jurnal Geografi, 9,1-9. Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomer 5 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya. Pranata, A. (2016). Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya di SMA N 9 Yogyakarta. [Versi Elektronik]. 5(3). Robbins, S.P& Judge, T.A. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat. Rukiyati & Purwastuti. (2016). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar di Bantul Yogyakarta. [Versi Elektronik]. Jurnal Pendidikan Karakter,130-142. Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu. Subagya, K.S. (2016). Pendidikan Berbasis Budaya di Derah Istimewa Yogyakarta: Pendidikan, Pembelajaran, dan Budi Pekerti. Diakses melalui repository.upy.ac.id pada 20 Mei 2018. Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta. ________.(2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta. Sukmadinata, N.S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Tayibnapis.2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta. Thoha, M. (2010). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada. Tirtarahardja,U. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Wibawa, S. (2010). Pengantar Analisi Kebijakan Publik. Yogyakarta; Gajah Mada. citation: Rizki Pratiwi, Mifta (2018) PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PROGRAM SEKOLAH BERBASIS BUDAYA DI SD NEGERI MENDIRO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/60336/1/Tas_Mifta%20Rizki%20Pratiwi_14110244005.pdf