%0 Thesis %9 S1 %A Rizki Pratiwi, Mifta %B Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP %D 2018 %F UNY:60336 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K persepsi, CIPP, sekolah berbasis budaya %T PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PROGRAM SEKOLAH BERBASIS BUDAYA DI SD NEGERI MENDIRO %U http://eprints.uny.ac.id/60336/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya di SD N Mendiro Kabupaten Kulon Progo. Hal-hal yang dikaji dalam penelitian ini meliputi: (1) konteks program sekolah berbasis budaya (visi,misi, tujuan, manfaat dan sasaran program); (2) input program sekolah berbasis budaya (sumber daya manusia, sarana dan prasarana, prosedur dalam pelaksanaan program); (3) proses program sekolah berbasis budaya (jadwal dan materi kegiatan ekstrakurikuler membatik dan karawitan); (4) produk program sekolah berbasis budaya (hasil dari program). Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner, sementara itu uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek konteks termasuk kategori sangat baik; (2) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek input termasuk kategori sangat baik; (3) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek proses termasuk kategori baik; (4) Persepsi guru dan siswa terhadap program sekolah berbasis budaya pada aspek produk termasuk kategori baik.