%K Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, Nilai-nilai Karakter %L UNY60302 %D 2018 %T PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AN NAJAH JATINOM KLATEN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter di SDIT An Najah Jatinom dengan fokus kepada program pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang ditargetkan, metode pendidikan karakter, evaluasi pendidikan karakter, kendala dan upaya yang dihadapi dalam pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif naturalistik. Tempat penelitian adalah SDIT An Najah Jatinom, Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Peneliti menggunakan uji triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian adalah: 1) Program pendidikan karakter di sekolah adalah PKL, field trip, Hisbul Wathan, rihlah ilmiah, sholat Dhuha dan Dzuhur berjamaah, BTQ dan Rumah Sabilillah, 2) Nilai-nilai yang menjadi targetadalah religius, tanggung jawab, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan sosial. 4) Metode pendidikan karakter yang dilaksanakan adalah inkulkasi nilai, fasilitasi nilai, keteladanan dan pengembangan keterampilan akademik dan sosial. 5) Evaluasi pendidikan karakter yang digunakan adalah evaluasi perilaku moral. 6)Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah adanya sikap kurang peduli beberapa orang tua,beberapa pendidik masih kurang kompak, dan masih adasiswa yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan. 7) Upayadalam mengatasi kendala adalah mengadakan forum parenting, membuat buku komunikasi, dan melakukan monitoring dan evaluasi bagi guru. %I Universitas Negeri Yogyakarta %A Bunga Choirunissa