%0 Thesis %9 S1 %A Novihastaka Saputra, Angga %B Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP %D 2018 %F UNY:60299 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K implementasi kebijakan, pengembangan sekolah ramah anak, SD Negeri Tlacap Sleman %T IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI TLACAP SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/60299/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi kebijakan pengembangan sekolah ramah anak di SD N Tlacap Sleman. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kebijakan pengembangan sekolah ramah anak di SD N Tlacap Sleman. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan pengembangan sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap, dalam interpretasi dihadiri oleh koordinator SRA, kepala sekolah, perwakilan wali siswa, ketua komite, dan tokoh masyarakat, dan menghasilkan 3 kebijakan yaitu, kebijakan perlindungan anak, kebijakan penanganan bullying, dan kebijakan penanganan narkoba. SOP terkait pengorganisasian di SD N Tlacap adalah kebijakan sekolah dan Peraturan Bupati Sleman Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pengembangan Sekolah Ramah Anak. Pada tahap aplikasi berjalan dengan baik. Implementasi menggunakan teori Edward III yang mengacu 4 aspek. Komunikasi yang terjadi di SD ini cukup baik. Sumber daya terkait sekolah ramah anak mendekati sempurna. Disposisi dalam kebijakan sekolah ramah anak cukup baik. Struktur birokrasi sesuai dengan bagan.(2) Faktor pendukung adalah sumber daya manusia dan fasilitas yang mumpuni, pengetahuan orang tua yang cukup, kemauan dari para pelaksana yang baik, selanjutnya penghambatnya adalah pengetahuan wali siswa yang kurang paham terkait SRA, dan sedikit saja sarana prasarana yang kurang memenuhi.