%L UNY60277 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 Kertek Kabupaten Wonosobo dan (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan ekstrakurikuler pramukadi SD Negeri 1 Kertek Kabupaten Wonosobo Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina pramuka, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 Kertek Kabupaten Wonosobo terlaksana dengan baik. (2) Faktor pendukung meliputi: Sekolah mewajibkan siswa kelas 3,4 dan 5 mengikuti kegiatan Pramuka, sarana dan prasarana yang mendukung, dukungan dari pihak orang tua dan siswa antusias mengikuti kegiatan pramuka. Faktor penghambat meliputi sering diliburkannya kegiatan pramuka karena fasilitas sekolah digunakan untuk kepentingan perlombaan pelajar tingkat kecamatan dan pembina pramuka hanya satu orang. Implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 1 Kertek menjadikan siswa mencintai tanah air dan peduli terhadap sesama sehingga dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik. %A Zulfikar Adi Wicaksana %K implementasi pendidikan karakter, kehidupan berbangsa dan bernegara, kegiatan ekstrakurikuler pramuka %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 KERTEK KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO %D 2018 %I Universitas Negeri Yogyakarta