%0 Thesis %9 S1 %A Belasuni, Berlian %B Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP %D 2018 %F UNY:60275 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K pendidikan karakter, implementasi, perda no 5 tahun 2011. %T PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI IMPLEMENTASI PERDA NO 5 TAHUN 2011 DI SD N WARUNGBOTO YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/60275/ %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Perda No 5 Tahun 2011 di SD N Warungboto Yogyakarta. Adapun yang akan dibahas dalam penelitian ini antara lain tentang nilai karakter yang ditanamkan pada peserta didik melalui pendidikan berbasis budaya, peran pendidik kaitannya dengan pendidikan karakter, program sekolah yang berkaitan dengan pendidikan karakter, metode penanaman pendidikan karakter, evaluasi pendidikan karakter, hasil pendidikan karakter melalui pendidikan berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru dan kepala sekolah. Seting penelitian ini dilakukan di SD Negeri Warungboto Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pendidikan Karakter di SD N Warungboto Yogyakarta mengembangkan nilai target berupa kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kegamaan, peduli lingkungan, dan kreativitas. Dari nilai target diatas diimplementasikan ke dalam program sekolah dan didukung dengan kegiatan-kegiatan sekolah. Sekolah menggunakan 4 metode penanaman pendidikan karakter yaitu inkulkasi nilai, keteladanan, fasilitasi, dan pengembangan ketrampilan. Dalam mengevaluasi pendidikan karakter melalui pendidikan berbasis budaya dilakukan dengan monitoring dan pencatatan pelanggaran siswa oleh guru. Adapun Kepala Sekolah memiliki peran terhadap proses monitoring melalui fungsi controlling terhadap pelaksanaan program.