%A Meilahasfi Widyastiti %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi orang tua dalam pengembangan PAUD Holistik Integratif di TK Negeri Semin serta faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua dalam program tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian di TK Negeri Semin. Subjek penelitian adalah orang tua, kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PAUD Holistik Integratif di TK Semin diberikan melalui layanan pendidikan, kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan dan olahraga; 2) Partisipasi orang tua dalam pengembangan PAUD Holistik Integratif sudah cukup baik dilihat dari perngambilan keputusan, orang tua aktif menghadiri rapat dan memberikan sumbangan ide. Partisipasi orang tua dalam pelaksanaan seperti partisipasi tenaga dalam keterlibatan disetiap kegiatan sekolah. Partisipasi dalam pengambilan manfaat menambah keakraban antar wali murid dan suasana kekeluargaan disekolah . Pada partisipasi dalam evaluasi, orang tua menghadiri rapat rutin akhir semester serta memberikan sumbangan gagasan; 3) Faktor pendukung partisipasi orang tua yaitu kesediaan orang tua, komunikasi dan dorongan dari sekolah. Faktor penghambat yaitu kesibukan orang tua dalam bekerja serta belum semua orang tua sadar pentingnya keterlibatan dalam kegiatan anak disekolah. %K partisipasi, orang tua, PAUD Holistik Integratif %L UNY60268 %T PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI TK NEGERI SEMIN %D 2018 %I Universitas Negeri Yogyakarta