%0 Thesis %9 S1 %A Mahardika, Andinna %B Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP %D 2018 %F UNY:60267 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Implementasi, Program Antibullying, Taman Kanak-kanak. %T IMPLEMENTASI PROGRAM ANTIBULLYING DI “TK SEKOLAHKU MY SCHOOL” SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/60267/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program antibullying, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi program antibullying. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala yayasan, kepala sekolah, dan guru. Objek penelitian ini tentang program antibullying di TK Sekolahku My School Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program antibullying dengan pemberdayaan pelaksana melalui Standard Operational Procedure serta pelatihan. (2) Implementasi program antibullying menggunakan kurikulum yang terdiri 10 tema antibullying yang dikembangkan menjadi rutinitas harian yang dikonsistenkan dengan peraturan sekolah, serta penguatan program menggunakan reward. (3) Evaluasi program antibullying dengan melihat perubahan sikap dan perilaku pendidik dan murid. (4) Faktor pendukung implementasi program antibullying yaitu pemahaman konsep program antibullying oleh seluruh komponen sekolah, dan orangtua karena mendukung adanya program antibullying. (5) Faktor penghambat implementasi program antibullying yaitu sekolah tidak dapat menjamin keamanan anak di luar sekolah, anak tidak mau mengaku bahwa terkena bullying sehinggga guru sulit untuk menyelesaikan kasus tersebut. (6) Solusi untuk mengatasi hambatan yaitu mensosialisasikan program antibullying kepada sekolah-sekolah lain dan mengembangkan saksi.