eprintid: 60253 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1186 dir: disk0/00/06/02/53 datestamp: 2018-10-04 03:04:40 lastmod: 2019-01-30 17:14:55 status_changed: 2018-10-04 03:04:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: Rizkhaputri62@gmail.com creators_name: Putri Rostaviana, Rizkha creators_id: Rizkhaputri62@gmail.com title: UJI KOMPETENSI GURU DAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI KABUPATEN KULON PROGO ispublished: pub subjects: sosio_pendidikan divisions: fip_fsp full_text_status: restricted keywords: Uji Kompetensi Guru, Peningkatan Kinerja Guru abstract: Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Setting di Kabupaten Kulon Progo. Subyek penelitian adalah koordinator UKG, pengawas sekolah, kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan: 1) Hasil uji kompetensi guru di Kabupaten Kulon Progo: (a) dilatar belakangi oleh UU No. 14 tahun 2005; (b) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru; (c) Sumber daya terdiri dari sumber dana, sumber daya manusia dan sarana prasarana; (d) faktor pendukung adalah ketersediaan sarana prasarana, dukungan pemerintah dan motivasi guru sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan teknis dan penguasaan teknologi; (e) respon guru yaitu positif dan negatif; 2) Peningkatan kinerja guru dilihat dari: (a) kompetensi pedagogik; guru menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran, mampu mengembangkan kurikulum, menyelenggarakan kegiatan yang mendidik, mampu berkomunikasi dengan baik; (b) kompetensi profesional; guru menguasai materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan serta mampu menggunakan media yang ada; 3) Kendala guru dalam peningkatan kinerja adalah: rendahnya motivasi belajar peserta didik; rendahnya keaktifan belajar peserta didik; keterbatasan teknologi oleh guru; 4) Upaya yang dilakukan guru yaitu memotivasi peserta didik menggunaknan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar; melakukan pendekatan kepada peserta didik dan mengikuti pelatihan. date: 2018-10-02 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP thesis_type: skripsi referencetext: Depdikbud. (2003). Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI tahun 2003. Jakarta: Sekretariat Negara Depdikbud. (2005). Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI tahun 2003. Jakarta: Sekretariat Negara Depdikbud. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara RI tahun 2003. Jakarta: Sekretariat Negara Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. (2015) tentang Hasil Uji Kompetensi Guru Tahun 2015 Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. (2017) tentang Profil Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017 Furqon, Maelani. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumbawa Barat. Skripsi FIP UNY Gunawan. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara Hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Hasbullah. (2016). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia (edisi ke 2). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Jasmani & Mustfa, Syaiful. (2013). Supervisi Pendidikan: Terobosan dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Jumadi, dkk. (2013). Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Sosial Guru Fisika SMA/MA di DIY. Diakses dari: http://eprints.uny.ac.id/23362/1/Lap.pdf, pada hari Kamis, 29 Januari 2017 pukul 11.58 WIB Kemendikbud. (2017). Data Guru Kabupaten Kulon Progo 2017/2018. Diunduh pada hari Selasa tanggal 24 Oktober 2017 dari Dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id/guru/2/040400 Kemendikbud. (2016). Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. Diunduh pada tanggal 23 Januari 2017 dari http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/01/7-provinsi raih nilai-terbaik uji-kompetensi-guru-2015 Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Tahun 2015 Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi Guru dan Kinerja Guru (cetakan ke-2). Bandung: PT Remaja Rosdakarya N, Putra. (2011). Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. 2011. Jakarta: PT. INDEKS Oemar, Hamalik. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Rohman, Arif. (2012). Kebijakan Pendidikan Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Rusdiana, Ahmad. (2015). Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi ke Implementasi. Bandung: Pustaka Setia Sahertian. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan SDM. Jakarta: Rineka Cipta Sanjaya, Wina.(2006). Pembelajaran dalam implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Subarsono, AG. (2008). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sudjana, Nana. (2002). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Sudiyono. (2007). Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi pendidikan Cet-1. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Bumi Aksara Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Suprijono, Agus. (2009). Kooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Susanti, Erma. (2013). Kinerja Guru Bersertifikasi dan Lulus Uji Kompetensi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMK N 1 Depok Sleman. Skripsi FIP UNY Usman, Uzer. (2003). Menjadi Guru Professional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Yamin, Martinis & Maisah. (2009). Manajeman Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada Pers Yamin, Martinis & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Perss Zamroni. (2013). Manajemen Pendidikan Suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah.Yogyakarta: Ombak citation: Putri Rostaviana, Rizkha (2018) UJI KOMPETENSI GURU DAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/60253/1/Tas_Rizkha%20Putri%20Rostaviana_13110244008-ilovepdf-compressed.pdf