eprintid: 60252 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1186 dir: disk0/00/06/02/52 datestamp: 2018-10-04 03:05:43 lastmod: 2019-01-30 17:14:52 status_changed: 2018-10-04 03:05:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: ermaanggraeni95@gmail.com creators_name: Wiji Anggraeni, Erma creators_id: ermaanggraeni95@gmail.com title: PENDIDIKAN PARTISIPATIF PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH SALATIGA ispublished: pub subjects: sosio_pendidikan divisions: fip_fsp full_text_status: restricted keywords: pendidikan partisipatif, komunitas belajar. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan pendidikan dalam praktik pendidikan partisipatif pada Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Salatiga dari faktor tujuan, faktor peserta didik, faktor pendidik, faktor alat-alat, faktor lingkungan, serta pengalaman belajar dan output. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan pendidikan lebih menekankan pada esensi belajar dengan memberikan kemerdekaan inteligensia kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan potensi diri guna meningkatkan kualitas hidup agar bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. (2) Faktor Peserta Didik, pembelajaran yang children centered terlihat dari peserta didik sebagai subjek diberikan hak seutuhnya dalam kegiatan pembelajaran. (3) Faktor Pendidik, relasi yang terjadi dalam interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik memiliki hubungan yang bersifat horizontal dimana keduanya memiliki posisi yang setara dalam proses pembelajaran. (4) Faktor Alat-alat, kurikulum dan materi pembelajaran dibuat, dilaksanakan, dan dievaluasi bersama-sama. (5) Faktor Lingkungan, atmosfer belajar yang membuat nyaman dalam proses pembelajaran. (6) Pengalaman belajar dan output disatu sisi mengembangkan kemerdekaan yang bertanggung jawab namun disisi lain beberapa peserta didik masih belum memahami kemerdekaan secara bertanggung jawab. Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah bertujuan untuk lebih menekankan pada substansi belajar namun juga mengikuti kebijakan negara dalam legal formal ijazah kesetaraan sehingga masih terdapat dilema antara kebijakan pendidikan dengan penyelenggaraan pendidikan alternatif di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah yang belum otonom murni. date: 2018-10-02 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP thesis_type: skripsi referencetext: Bahruddin, A. (2007). Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta. Barnadib, S. I. (1987). Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: Andi Offset. Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia. Danim, S. (2003). Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dewi, G. I. (2015). Pembinaan Peserta Didik Di Sekolah Alternatif Berbasis Komunitas (Studi Pada Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah). Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi UNY. Emzir&Sam M. Chan. (2010). Isu-Isu Kritis Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Fattah, Nanang. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Fitriana, D. (2016). Pedagogi Kritis Paulo Freire di Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi UNY. Fuad, N. (2014). Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat: Konsep dan Strategi Implementasi. Jakarta: Rajawali Press. Freire, P. (1999). Politik Pendidikan Kebudayaan Kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ghony, M. D. & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. Harefa, A. (2000). Menjadi Manusia Pembelajar (On Becoming A Learner) Pemberdayaan Diri, Transformasi Organisasi dan Masyarakat Lewat Pembelajaran. Jakarta: Kompas. Hasbullah. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hasbullah. (2016). KEBIJAKAN PENDIDIKAN: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Iman, M. S. (2004). Pendidikan Partisipatif: Menimbang Konsep Fitrah dan Progresivisme John Dewey. Yogyakarta: Safiria Insania Press. Jallaludin&Abdullah Idi. (2014). Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Kamil, M. (2011). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran Dari Kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta. Knight, G. R. (2007). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: CDIE Center for Developing Islamic Education Tarbiyah Faculty UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Penerbit Gama Media. Marzuki, S. (2012). Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Miles, M.B. & Huberman, A. M. (2014). Qualitatif Data Analysis: A Methods Sourcebook. London: CA: SAGE. Mu’in, F. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik & Praktik. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Pengertian Pembelajaran dan Proses Pembelajaran BAB II di unduh dari e.prints.uny pada 28 Februari 2017 pukul 11.36. Putra, N. (2011). Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. 2011. Jakarta: PT INDEKS. Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta. Salam, B. (2011). Pengantar Pedagogik: Dasar-dasar Ilmu Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta. Samba, S. (2007). Lebih Baik Tidak Sekolah. Yogyakarta: LkiS. Setiawan, B. (2008). Agenda Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta Suhartono, S. (2008). Wawasan Pendidikan: Sebuah Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Suwartono. (2014). Dasar – Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: ANDI OFFSET. Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zubaedi. (2006). Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. http://facebook.com/Komunitas-Belajar-Qaryah-Thayyibah diakses pada 23 ‎Agustus ‎2017, ‏‎22:23:13. http://www.kbqt.org diakses pada ‎31 ‎Mei ‎2017, ‏‎10:25:02. citation: Wiji Anggraeni, Erma (2018) PENDIDIKAN PARTISIPATIF PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH SALATIGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/60252/1/Tas_Erma%20Wiji%20Anggraeni_13110244004-ilovepdf-compressed.pdf