%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi kebijakan pendidikan perkoperasian di Kopma UNY. (2) Faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan setting penelitian di Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian ini meliputi kepala ketua umum, kepala bidang PSDA, tim pelaksana dan anggota. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan pendidikan dasar perkoperasian di Kopma UNY berdasar kepada AD ART Kopma UNY Bab V pasal 9 dengan tujuan sebagai sumber pengetahuan bagi anggota koperasi untuk belajar koperasi.(2) faktor pendukung implementasi kebijakan pendidikan perkoperasian di Kopma UNY adalah adanya alokasi dana pendidikan secara mandiri, memiliki SDM yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai. Sementara faktor penghambatnya masih kurang maksimalnya persiapan peserta dalam mempersiapkan pelaksanaan pendidikan koperasi, dan masih banyak anggota yang belum sadar akan pentingnya pendidikan koperasi. %A Windy Widya Pangestika %K Implementasi kebijakan, dan pendidikan perkoperasian %L UNY60250 %D 2018 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA