<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran\r\nMatematika dengan Pendekatan Metakognitif Berorientasi pada Kemampuan\r\nLiterasi Matematika dan Sikap Matematis Siswa SMP"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran\r\nmatematika dengan pendekatan metakognitif yang berkualitas baik dengan kriteria\r\nvalid, praktis, dan efektif berorientasi pada kemampuan literasi matematika dan\r\nsikap matematis siswa SMP. \r\nPenelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp\r\nyang mencakup tiga tahap, yaitu: 1) tahap penelitian awal, 2) tahap\r\npengembangan, dan 3) tahap penilaian. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa\r\nkelas VII G SMP Negeri 16 Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari lembar\r\nvalidasi, lembar penilaian perangkat pembelajaran oleh guru, angket penilaian\r\nkepraktisan perangkat pembelajaran oleh siswa, lembar observasi keterlaksanaan\r\npembelajaran, tes kemampuan literasi matematika, dan angket sikap matematis\r\nsiswa. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara\r\nmengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif\r\ndalam bentuk skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan menentukan\r\npersentase ketuntasan siswa pada tes kemampuan literasi matematika dan\r\npersentase siswa yang memiliki sikap matematis dengan kriteria minimal “tinggi”. \r\nPenelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan\r\npendekatan metakognitif yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran\r\n(RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif\r\nberorientasi pada kemampuan literasi matematika dan sikap matematis siswa.\r\nHasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan,\r\nbaik RPP dan LKS memiliki kriteria valid berdasarkan penilaian para ahli.\r\nPerangkat pembelajaran mencapai kriteria praktis berdasarkan penilaian guru,\r\npenilaian siswa, dan persentase keterlaksanaan pembelajaran lebih dari 80%.\r\nPerangkat pembelajaran mencapai kriteria efektif ditinjau dari tes kemampuan\r\nliterasi matematika dan sikap matematis siswa. Persentase siswa yang mencapai\r\nnilai KKM yaitu 75%. Total skor angket sikap matematis siswa akhir lebih dari\r\ntotal skor angket sikap matematis siswa awal dan banyaknya siswa yang mencapai\r\nkriteria minimal tinggi adalah 94%. \r\n\r\nKata Kunci: pendekatan metakognitif, kemampuan literasi matematika, sikap \r\nmatematis siswa"^^ . "2018-08-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Rahmanita"^^ . "Syahdan"^^ . "Rahmanita Syahdan"^^ . . . . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran\r\nMatematika dengan Pendekatan Metakognitif Berorientasi pada Kemampuan\r\nLiterasi Matematika dan Sikap Matematis Siswa SMP (Text)"^^ . . . "Tesis_RAHMANITA SYAHDAN_16709251013.swf"^^ . . "HTML Summary of #60245 \n\nPengembangan Perangkat Pembelajaran \nMatematika dengan Pendekatan Metakognitif Berorientasi pada Kemampuan \nLiterasi Matematika dan Sikap Matematis Siswa SMP\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . .