TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pengayaan matematika SMA materi peminatan IPA guna memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika yang berkualitas berdasarkan aspek: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) kefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 49 siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Cilograng, Lebak-Banten. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, dan soal kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi total skor data kuantitatif yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Analisis keefektifan dilakukan dengan menentukan persentase banyaknya siswa yang tuntas dan rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian berupa sebuah buku pengayaan matematika yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah. Buku pengayaan matematika yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata skor berada pada kategori ?baik?, memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian guru dengan skor kepraktisan berada pada kategori ?sangat baik?, dan memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan persentase banyaknya siswa yang tuntas sebesar 79,5% dan rata-rata nilai hasil tes yaitu 79. Y1 - 2018/07/31/ A1 - Pradyumnati, Rahayu Marlini PB - UNY AV - public KW - pengembangan KW - buku pengayaan KW - kemampuan pemecahan masalah TI - Pengembangan Buku Pengayaan Matematika SMA Peminatan IPA Guna Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika M1 - tesis ID - UNY60220 UR - http://eprints.uny.ac.id/60220/ ER -