<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Efektivitas Metode Inquiry dengan Sintaks Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Penalaran dan Pembuktian, dan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SMP pada Materi Peluang"^^ . "Tujuan\tpenelitian\tini\tadalah\tuntuk\tmendeskripsikan:\t1)\tefektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode inquiry terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif; 2) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif; 3) perbandingan efektivitas metode inquiry dan metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian serta keterampilan kolaboratif peserta didik SMP pada materi peluang.\r\nPenelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII se- kota Kupang yang sekolahnya menerapkan kurikulum 2013 dan nilai ujian kenaikkan\r\nkelas di atas 70. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B\r\nSMPN 11 Kota Kupang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes hasil\r\nbelajar, tes kemampuan penalaran dan pembuktian, non tes keterampilan kolaboratif yang telah divalidasi dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji One\r\nSample � 2 Test untuk melihat efektivitas metode terhadap seluruh variabel dan uji �2\r\nHotteling’s Trace untuk membandingkan efektivitas metode pembelajaran. Karena\r\nterdapat perbedaan efektivitas maka dilanjutkan uji Independent Sample t Test. Taraf\r\nsignifikansi untuk semua analisis adalah 5%.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode inquiry efektif terhadap hasil\r\nbelajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif; 2) metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e efektif terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif; 3) metode inquiry tidak lebih efektif atau sama efektifnya dengan metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian namun lebih efektif terhadap keterampilan kolaboratif.\r\n\r\nKata Kunci : metode pembelajaran inquiry, metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e, hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif."^^ . "2018-08-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Yosepha Patricia W."^^ . "Laja"^^ . "Yosepha Patricia W. Laja"^^ . . . . . . "Efektivitas Metode Inquiry dengan Sintaks Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Penalaran dan Pembuktian, dan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SMP pada Materi Peluang (Text)"^^ . . . "TESIS_Yosepha Patricia W. Laja _16709251080 PPs Pendidikan Matematika.swf"^^ . . "HTML Summary of #60219 \n\nEfektivitas Metode Inquiry dengan Sintaks Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Penalaran dan Pembuktian, dan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SMP pada Materi Peluang\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . .