TY - THES KW - Pemahaman KW - Pembelajaran KW - Permainan Tradisional KW - Sekolah Dasar AV - public TI - TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS ATAS TERHADAP PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DI SEKOLAH DASAR SWASTA SE-KECAMATAN MLATI SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019 M1 - skripsi ID - UNY60196 UR - http://eprints.uny.ac.id/60196/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Atas Terhadap Pembelajaran Permainan Tradisional di Sekolah Dasar Swasta se-Kecamatan Mlati Sleman Tahun Ajaran 2018/2019 Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. instrumen yang digunakan berupa angket dengan validitas 0,769 dan reliabilitas 0,879. Subjek penelitian yang digunakan adalah Siswa Kelas Atas (4, 5, dan 6) di 5 Sekolah Dasar Swasta Se-Kecamatan Mlati Sleman diantaranya yakni SD Kanisius Duwet, SD Muh Blunyah, SD Yaa Bunayya, SD Budi Utama, SD Khoiru Ummah yang berjumlah 341 anak. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran permainan tradisional di Sekolah Dasar Swasta se-Kecamatan Mlati Sleman Tahun Ajaran 2018/2019 sebagian besar berkategori baik dengan persentase 49,85 % berjumlah 170 siswa, kategori sedang dengan persentase 40,17 % berjumlah 137 siswa, kategori kurang sebesar 5,86 % berjumlah 20 siswa, kategori sangat baik sebesar 4,11 % berjumlah 14 siswa dan kategori sangat kurang 0 %. Hasil tersebut disimpulkan tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran permainan tradisional di Sekolah Dasar Swasta se-Kecamatan Mlati Sleman Tahun Ajaran 2018/2019 adalah baik. Y1 - 2018/// PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Indrayani, Isna ER -