@phdthesis{UNY60123,
          author = {Fitria Fatmawati},
           month = {July},
           title = {Pengaruh Buku Cerita Bergambar berbasis Scientific Approach  dengan Metode Discovery terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Sikap Kolaborasi Siswa Kelas III SD},
            year = {2018},
          school = {UNY},
        abstract = {Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui:   (1)   pengaruh   buku   cerita bergambar   berbasis	scientific   approachdengan   metode   discovery   terhadap keterampilan  berpikir  kreatif	siswa  kelas  III  SD,  (2)  pengaruh  buku  cerita bergambar berbasis scientific approach (pendekatan saintifik) dengan metode discovery terhadap sikap kolaborasi siswa kelas III dan (3) perbedaan pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach (pendekatan saintifik) dengan metode discovery dengan buku kurikulum 2013 dan buku BUPENA terhadap keterampilan berpikir kreatif dan sikap kolaborasi siswa kelas III SD.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control-group design. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  III  SD  se-gugus  Wonosari. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah kelas III A, III B dan III C di SD Negeri Wonosari 1 Gunung Kidul yang diambil berdasarkan ketentuan SD Negeri Wonosari 1 Gunung Kidul adalah satu-satunya SD yang telah menerapkan kurikulum 2013 di kelas III. Rincian pembagian perlakuan pada sampel penelitian adalah		sebagai	berikut:	kelas	 III	A	menerapkan	pembelajaran	dengan menggunakan buku cerita bergambar berbasis scientific approachdengan metode discovery, kelas III B menerapkan pembelajaran dengan menggunakan buku Kurikulum 2013 dan kelas III C menerapkan pembelajaran dengan menggunakan buku	BUPENA.		Pengumpulan	data		dilakukan	dengan	menggunakan	tes keterampilan berpikir kreatif dan angket sikap kolaborasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Paired-sample t test, uji multivariat (MANOVA), dan uji Univariat (Tukey).

Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) buku cerita bergambar berbasis scientific approachdengan metode discovery berpengaruh positif dan signifikan terhadap  keterampilan  berpikir  kreatif,  (2)  buku  cerita  bergambar  berbasis scientific approachdengan metode discovery berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap kolaborasi dan (3) terdapat perbedaan pengaruh antara buku cerita bergambar berbasis scientific approachdengan metode discovery, BUPENA dan Kurikulum 2013 terhadap keterampilan berpikir kreatif dan sikap kolaborasi},
        keywords = {buku   cerita   bergambar   berbasis   scientific   approach,   metode
discovery, keterampilan berpikir kreatif, sikap kolaborasi, sekolah dasar},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/60123/}
}