%0 Thesis %9 S1 %A Edris, Ega Mahardhika Rahman %A Fakultas Teknik UNY, %B Pendidikan Teknik Informatika %D 2018 %F UNY:60083 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Development, e-module, Digital Image Processing learning on Vector material %T PENGEMBANGAN E-MODUL (ELECTRONIC MODULE) PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MATERI VEKTOR UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 KLATEN %U http://eprints.uny.ac.id/60083/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan e-modul (electronic modul) pembelajaran Pengolahan Citra Digital pada materi Vektor untuk siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten sehingga dihasilkan modul yang layak dan baik digunakan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan e-modul (electronic modul) pembelajaran Pengolahan Citra Digital pada materi Vektor untuk siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan e-modul (electronic modul) pembelajaran Pengolahan Citra Digital pada materi Vektor untuk siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten menggunakan model pengembangan ADDIE dengan melalui 5 tahapan meliputi (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi 2 dosen ahli media, 1 dosen dan 1 guru mata pelajaran ahli materi, dan siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten. Objek penelitian ini berupa e-modul pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-modul meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket respon siswa terhadap penggunaan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan: (1) modul pembelajaran yang dikembangkan menjadi e-modul (electronic modul) pembelajaran Pengolahan Citra Digital pada materi Vektor untuk siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten, (2) e-modul dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan perolehan rata-rata skor keseluruhan aspek oleh ahli materi dan ahli media sebesar 3,37 dan 3,45, dan oleh respon siswa sebagai pengguna sebesar 3,70 sehingga kelayakan e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Jadi berdasarkan ahli media, ahli materi, dan respon siswa maka e-modul (electronic modul) pembelajaran Pengolahan Citra Digital pada materi Vektor ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Klaten.