%T PENERAPAN MODEL BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MAARIF 1 PIYUNGAN %I Fakultas Teknik %D 2018 %L UNY60035 %O Drs. Sukaswanto, M.Pd. (Dosen Pembimbing) %K Contextual teaching and learning dan hasil belajar siswa %A Syamsul Arifin %X Tujuan Penelitian Tindakan ini adalah : Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual teaching and learning pada mata pelajaran Menggunakan Alat Ukur siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Maarif I Piyungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran Contextual teaching and learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR A di SMK Maarif 1 Piyungan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah sebanyak 16 siswa. Sedangkan objek yang diamati adalah hasil belajar siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistik tendensi central. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur pada setiap siklus di kelas X TKR A. Hal tersebut dapat dilihat pada Pre Test jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 12.5%, sedangkan pada siklus I adalah 31.25%, dan pada siklus II adalah 81.28%.