TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/60014/ M1 - tesis ID - UNY60014 AV - public TI - Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi melalui Penerapan Problem-Based Learning di SMAN 1 Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. KW - Problem-Based Learning KW - keaktifan KW - hasil belajar. PB - UNY A1 - Apihariswati, Apihariswati N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas XA di SMAN 1 Kalibawang melalui Problem Based Learning (PBL) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XA SMAN 1 Kalibawang yang berjumlah 24 siswa . Penelitian ini difokuskan pada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan 3 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan datanya checklist observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem-Based Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dari tahapan tiap siklusnya. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator keberhasilan sebagai berikut: keaktifan belajar siswa menunjukkan peningkatan sebesar 41,25%, dari 43,75% pada pra tindakan, menjadi 65,21% pada siklus 1, menjadi 74,58% pada siklus 2 dan menjadi 85% pada siklus 3; hasil tes menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang nilainya memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), dari hanya 3 siswa pada pra tindakan, menjadi 11 siswa pada siklus 1, menjadi 19 siswa pada siklus 2, menjadi 22 siswa pada siklus 3. Penggunaan PBL meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Y1 - 2018/08/31/ ER -