%0 Thesis %9 S1 %A Nur Lintang, Puspitasari %B Fakultas Ilmu Pendidikan UNY %D 2018 %F UNY:59927 %I PAUD %T STUDI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TK KELOMPOK B GUGUS IV KECAMATAN GODEAN %U http://eprints.uny.ac.id/59927/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak TK kelompok B gugus IV Kecamatan Godean. Hal ini dilatar belakangi pentingnya mengembangkan kemampuan membaca permulaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok B Gugus IV Kecamatan Godean. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 145 anak yang diambil secara acak dari 7 TK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi check list. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata membaca permulaan pada anak TK kelompok B gugus IV Kecamatan Godean sebesar 84,38 yang termasuk dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, anak kelompok B