TY - THES A1 - Rahman, Zulfan Hanif PB - Fakultas Ilmu Pendidikan Y1 - 2018/09/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial siswa tunadaksa di kelas VA SD Negeri Panggang, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Interaksi tersebut mencakup interaksi sosial siswa tunadaksa dengan siswa normal dan interaksi sosial siswa tunadaksa dengan guru. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah salah satu siswa kelas VA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa tunadaksa adalah sebagai berikut: (1) interaksi sosial yang terjalin antara siswa tunadaksa dan siswa normal meliputi kerjasama yang diwujudkan melalui kegiatan berkelompok, dan tolong menolong, akomodasi berupa penyelesaian pertentangan melalui permintaan maaf dengan keterlibatan guru, pertentangan yang terjadi berupa ejekan , dan persaingan dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan di luar pelajaran; (2) interaksi sosial yang terjalin antara siswa tunadaksa dan guru diantaranya adalah kerjasama yang diwujudkan dalam tolong menolong, pertentangan yang terjadi berupa ketidaksediaan dalam menyelesaikan tugas dan akomodasi berupa perintah guru terkait pertentangan yang terjadi; (3) Hambatan yang dialami terletak pada keterbatasan fisik yang mengakibatkan penolakan ketika kegiatan olah raga dan kemampuan akademis yang rendah mengakibatkan penolakan dalam kegiatan kelompok belajar. Penolakan tersebut mengakibatkan siswa tunadaksa tidak dapat berperan banyak dalam kegiatan berkelompok. Kata kunci :interaksi sosial, siswa tunadaksa. UR - http://eprints.uny.ac.id/59898/ TI - INTERAKSI SOSIAL SISWA TUNADAKSA SD N PANGGANG AV - restricted ID - UNY59898 M1 - skripsi ER -