%0 Thesis
%9 S1
%A Rahayu, Tuti Septi
%B PGSD
%D 2018
%F UNY:59893
%I Fakultas Ilmu Pendidikan
%T PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE CIRCLE TIME PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI KARANGGONDANG BANTUL
%U http://eprints.uny.ac.id/59893/
%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui metode Circle Time pada siswa kelas III A Sekolah Dasar (SD) Negeri Karanggondang Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018.   Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas III A SD Negeri Karanggondang yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah proses dan hasil yang diperoleh dari penggunaan metode Circle Time terhadap keterampilan bercerita. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan tes unjuk kerja. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi check list, soal tes unjuk kerja, dan penilaian tes unjuk kerja. Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.   Penggunaan metode Circle Time dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III A SD Negeri Karanggondang baik proses maupun hasil pembelajaran. Peningkatan proses dapat dilihat dari antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran setiap siklus. Peningkatan hasil dapat dilihat dari pencapaian siswa pada setiap indikator keterampilan bercerita setiap siklus. Peningkatan tersebut dibuktikan dari  nilai rata-rata siswa dalam bercerita pada evaluasi observasi awal sebesar 67,8 menjadi 73,76325 pada siklus I dan meningkat menjadi 84,80025 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Circle Time dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III A SD Negeri Karanggondang Bantul.     Kata kunci: keterampilan bercerita, metode Circle Time, kelas III SD