%X Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan dampak implementasi pembelajaran kelas rangkap di SD Negeri Gari II Wonosari. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian menggunakan purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru yang mengajar di kelas rangkap, serta siswa dengan mengambil sampel dari kelas II dan kelas III. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak pembelajaran Kelas Rangkap terhadap proses pembelajaran di SD Negeri Gari II Wonosari yaitu: 1) perencanaan pembelajaran telah terlaksana dengan cukup baik meskipun ada beberapa administasi guru yang belum lengkap; 2) persiapan pembelajaran telah terlaksana dengan baik karena fasilitas, sarana dan prasarana sekolah yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik; 3) pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan teori pembelajaran kelas rangkap; dan 4) evaluasi dilaksanakan mengunakan soal atau instrumen yang berbeda sesuai dengan tingkatan kelas dan tujuan pembelajaran masing-masing kelas. Dampak PKR terhadap prestasi belajar anak adalah baik karena adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari masing-masing kelas. Pembelajaran kelas rangkap dapat meningkatkan prestasi belajar dan lebih mudah diterapkan untuk kelas dengan jumlah siswa yang sedikit. Kata kunci: pembelajaran kelas rangkap, Sekolah Dasar %A Rosyid Hidayat %L UNY59886 %T DAMPAK IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DAN III DI SD NEGERI GARI II WONOSARI %D 2018 %I Fakultas Ilmu Pendidikan