%0 Thesis %9 S1 %A Gunawan, Rizki Dwi %B PGSD %D 2018 %F UNY:59881 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA DI SD N 2 SUMBERAGUNG %U http://eprints.uny.ac.id/59881/ %X Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model sains teknologi masyarakat terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas V pada pembelajaran tematik bermuatan IPA di SD N 2 Sumberagung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 36 siswa kelas V tahun ajaran 2017/2018 yang terbagi ke dalam dua kelas. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan rata-rata nilai sikap peduli lingkungan awal dan akhir ke dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model sains teknologi masyarakat terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas V pada pembelajaran tematik bermuatan IPA di SD N 2 Sumberagung. Hasil didasarkan pada data penelitian. Rata-rata nilai pretest angket sikap peduli lingkungan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara berturut-turut adalah 76.67 dan 78.42. Sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 85.13 dan 77.46. Rata-rata skor observasi sikap peduli lingkungan pada pertemuan pretest kelompok eksperimen dan kontrol secara berrturut-turut adalah 94.12 dan 66.67, sedangkan rata-rata skor posttest observasi sikap peduli lingkungan pada kelompok eksperimen dan kontrol secara berturut-turut adalah adalah 96.08 dan 59.36. Kelompok kontrol mengalami penurunan karena partipasi siswa dalam pembelajaran hanya mencapai 78%. Kata Kunci : sains teknologi masyarakat, sikap peduli lingkungan.