TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab melalui ekstrakurikuler karawitan di SD N Grogol Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru karawitan, siswa kelas III, IV, dan V. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penanaman karakter disiplin melalui ekstrakurikuler karawitan dilakukan dengan pembiasaan, penjelasan aturan, pemberian nasehat, hukuman, dan penghargaan. (2) Penanaman karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler karawitan dilakukan dengan pemberian pemahaman, pemberian nasehat. keteladanan, dan pembiasaan. (3) Faktor pendukung berupa kesadaran dan motivasi siswa, dukungan orang tua, serta tersedianya dana, sarana dan prasarana yang memadahi. (4) Faktor penghambat yaitu siswa tidak fokus pada saat ekstrakurikuler berlangsung. Kata kunci : Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, Ekstrakurikuler Karawitan UR - http://eprints.uny.ac.id/59860/ ID - UNY59860 Y1 - 2018/09/18/ TI - PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI GROGOL KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Mukti, Restu Herwinda AV - restricted ER -