@phdthesis{UNY59855, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2018}, month = {September}, title = {PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD N PRAWIROTAMAN}, author = {Nurdiyah Handayani}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Prawirotaman pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, wawancara dan angket tanggung jawab. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan pendapat ahli (expert judgement). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran IPA. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menekankan pada melibatkan siswa untuk lebih banyak melakukan aktivitas dalam interaksi kelompok, diberi kesempatan terlibat secara aktif dalam proses berpikir serta meyampaikan informasi yang dimiliki kepada orang lain dapat meningkatkan tanggung jawab. Namun, peningkatan tersebut belum mencapai kriteria keberhasilan pada siklus I. Penerapan model NHT dengan pemanfaatan waktu pembelajaran yang efektif, guru memberikan bimbingan kepada kelompok dan memberi penguatan, serta adanya pemberian penghargaan dapat meningkatkan tanggung jawab sehingga mampu mencapai kriteria keberhasilan. Kata kunci: tanggung jawab, pembelajaran kooperatif tipe NHT}, url = {http://eprints.uny.ac.id/59855/} }