TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/59853/ ID - UNY59853 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik dan mengetahui nilai-nilai karakter yang tertanam melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik di SD Negeri Mendiro. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian dideskripsikan dalam dua ranah: pertama, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; kedua, nilai yang tertanam. (a) Perencanaan dilakukan melalui analisis kebutuhan, penetapan visi/misi/tujuan sekolah yang sesuai, pembuatan kurikulum yang memuat tujuan pendidikan karakter, dan pembuatan jadwal kegiatan. (b) Pelaksanaan pendidikan karakter, dapat ditinjau dari proses membatik, maupun sikap guru dan peserta didik selama mengikuti kegiatan. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui keteladanan, arahan/teguran, pengkondisian, serta menggunakan metode mengajar yang sesuai. (c) Evaluasi dilakukan dari segi proses dan produk, meskipun belum melihat efek dari pelaksanaan pendidikan karakter. Nilai-nilai yang tertanam dalam kegiatan ekstrakurikuler membatik di SDN Mendiro, meliputi nilai religius, jujur, kreatif, mandiri, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, sabar, teliti, berjiwa wirausaha, dan kerja sama. Nilai-nilai yang tertanam memuat komponen moral knowing, moral feeling, dan moral action. Kata kunci: pendidikan karakter, batik, ekstrakurikuler Y1 - 2018/09/18/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMBATIK DI SD NEGERI MENDIRO A1 - Salamah, Nauwal M1 - skripsi AV - restricted ER -