%0 Thesis %9 S1 %A Kumaradewi, Nahla Safitri %B PGSD %D 2018 %F UNY:59851 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IVA PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA DI SD 3 BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/59851/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IVA pada tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” dengan menggunakan media peta di SD 3 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IVA yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IVA SD 3 Bantul. Keaktifan belajar siswa dapat meningkat melalui beberapa kegiatan pembelajaran, yaitu 1) perhatian, 2) kerja sama, 3) kreativitas, 4) kegiatan metrik, dan 5) emosional. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari hasil observasi siswa dan angket. Hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 56,06%, meningkat pada siklus II menjadi 81,40%. Hasil angket keaktifan belajar siswa pada pra siklus adalah 47,44%, meningkat pada siklus I menjadi 74,38% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media peta dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IVA SD 3 Bantul. Kata kunci: keaktifan belajar siswa, media peta