%X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pop-up book yang layak digunakan pada materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan untuk siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yangmengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall dengan sembilan langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, studi pustaka, dan wawancara.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran pop-up book materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan untuk siswa SD kelas I. Produk penelitian telah melalui tahap perencanaan, validasi ahli, penilaian guru, dan uji coba lapangan.Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4.6 dengan kriteria “sangat baik”.Hasil validasi terakhir dari ahli media memperoleh skor rata-rata 4.3 dengan kriteria “sangat baik”. Penilaian guru memperoleh skor rata-rata 4.66 dengan kriteria “sangat baik”.Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4.7 dengan kriteria sangat baik.Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4.81 dengan kriteria sangat baik.Hasil uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4.88 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, media pop-up book materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas I SD. Kata kunci:pengembangan media pembelajaran, pop-up book, soal cerita. %D 2018 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 1 SD DI GUGUS IV KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO %A Mery Marlina %I Fakultas Ilmu Pendidikan %L UNY59850