relation: http://eprints.uny.ac.id/59847/ title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI IPS KELAS V DI SD NEGERI BERBAH 2 creator: Cristy, Lorensa subject: Pendidikan IPS subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan think pair and share (TPS) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi IPS kelas V di SD Negeri Berbah 2. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan nonequivalent control group design.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Berbah 2 dengan subjek penelitian siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 61 siswa.Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif dan variabel bebas yaitu model pembelajaran.Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah gain score. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif pada kondisi akhir kelas eksperimen sebesar 85,17 sedangkan kelas kontrol 75,48. Hasil gain score pada kelompok kontrol dan eksperimen yaitu 0,506>0,213 sehingga dinyatakan bahwa kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki perubahan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi IPS kelas V SD Negeri Berbah 2. Kata kunci: model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran think pair and share (TPS), hasil belajar kognitif date: 2018-09-18 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/59847/1/Lorensa%20Cristy.pdf identifier: Cristy, Lorensa (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI IPS KELAS V DI SD NEGERI BERBAH 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.