TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/59820/ ID - UNY59820 KW - web module KW - representasi matematis KW - representasi gambar berpikir kreatif KW - pemahaman konsep PB - UNY Y1 - 2018/07/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan (1) untuk menghasilkan web module pembelajaran fisika dengan representasi gambar dan matematis yang layak sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas, dan (2) mengungkapkan keefektifan penggunaan web module yang dikembangkan tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan meliputi tahap (1) define (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) design (perancangan draf produk), (3) develop (penilian ahli dan guru, uji coba produk, revisi produk), dan (4) disseminate (penyebarluasan produk akhir). Subjek uji coba terbatas terdiri dari 15 siswa kelas X MIPA 11 SMA Negeri 3 Kupang. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen yaitu X MIPA 7 terdiri dari 31 Siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X MIPA 5 yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian kelayakan web module, lembar penilaian kemampuan berpikir kreatif dan lembar penilian pemahaman konsep dan angket respon siswa terhadap web module. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis n-gain, uji statistik multivariat Hotelling T2 dan analisis effect size Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa: (1) web module pembeljaran fisika dengan representasi gambar dan matematis yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kategori sangat baik berdasarkan penilian ahli, baik ahli materi, maupun media, dan guru, serta siswa; (2) web module yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep. TI - Pengembangan Web Module Pembelajaran Fisika dengan Representasi Gambar dan Matematis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep A1 - Ahmad, Rabya Mulyawati M1 - tesis AV - restricted ER -