@phdthesis{UNY59807, month = {July}, author = {Ade Cyntia Pritasari}, year = {2018}, title = {Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Kerjasama Peserta Didik}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/59807/}, keywords = {google classroom, kerjasama, keterampilan argumentasi, perangkat pembelajaran, problem based learning}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan perangkat pembelajaran IPA model problem based learning berbantuan google classroom untuk pembelajaran materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, dan (2) efektivitas perangkat pembelajaran IPA model problem based learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan keterampilan argumentasi dan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek uji coba lapangan terbatas adalah 32 peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Magelang. Subjek uji lapangan utama adalah 32 peserta didik kelas VII A (kelas eksperimen) dan masing-masing 32 peserta didik kelas VII B dan VII D (kelas kontrol) SMP Negeri 2 Magelang. Data kelayakan perangkat pembelajaran diperoleh melalui penilaian ahli menggunakan angket penilaian kelayakan. Data efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui nilai gain keterampilan argumentasi dan kerjasama. Analisis efektivitas dengan menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA model problem based learning berbantuan google classroom layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dengan penilaian sangat baik. Pembelajaran IPA menggunakan perangkat pembelajaran model problem based learning berbantuan google classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi dan kerjasama peserta didik (p {\ensuremath{<}} 0.05).} }