eprintid: 59755 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/05/97/55 datestamp: 2018-09-12 06:57:20 lastmod: 2019-05-09 09:00:11 status_changed: 2018-09-12 06:57:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Atikoh, Nur title: Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Inferensi IPA Siswa Kelas V SD ispublished: pub subjects: D1 divisions: pps_pd full_text_status: public keywords: cerita bergambar, scientific approach, inkuiri, pemahaman konsep, keterampilan inferensi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode inkuiri terhadap: 1) pemahaman konsep, 2) keterampilan inferensi, 3) pemahaman konsep dan keterampilan inferensi IPA secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu desain nonequivalent pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri di Kabupaten Bantul. Sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa, terdiri dari 23 siswa kelas V di SDN Banyakan sebagai kelas eksperimen I; 23 siswa kelas V di SDN Ngablak sebagai kelas eksperimen II; dan 24 siswa kelas V di SDN Karanggayam sebagai kelas eksperimen III. Pengumpulan data terdiri dari tes pemahaman konsep berupa pilihan ganda dan tes keterampilan inferensi berupa uraian. Validasi yang digunakan berupa validasi konten melalui expert judgment dan validasi empirik melalui uji validitas. Hasil validasi menunjukkan instrumen bersifat valid dan reliable. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis uji paired-samples t-test untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan, MANOVA untuk melihat pengaruh penggunaan buku, dan perhitungan effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode inkuiri. Hasil analisis uji paired sample t-test menunjukkan nilai pemahaman konsep dan keterampilan inferensi sebesar Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sementara itu, hasil uji MANOVA pemahaman konsep diperoleh nilai sebesar Sig. (0,003) < α dan keterampilan inferensi sebesar Sig. (0,001) < α. Selanjutnya, perhitungan effect size untuk pemahaman konsep sebesar 0,16 dan keterampilan inferensi sebesar 0,18. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode inkuiri berpengaruh terhadap: (1) pemahaman konsep, (2) keterampilan inferensi, (3) pemahaman konsep dan keterampilan Inferensi siswa secara bersama-sama. date: 2018-07-31 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Atikoh, Nur (2018) Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Inferensi IPA Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/59755/1/tesis-nur-atikoh-16712251050.swf