TY - THES A1 - Lenggara, Jacky Fatwa TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN RASA INGIN TAHU DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BEJI PB - Fakultas Ilmu Pendidikan Y1 - 2018/09/12/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis dan rasa ingin tahu siswa dalam pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas V SD Negeri Beji. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Beji yang berjumlah 31 siswa. Adapun kriteria keberhasilan kemampuan berpikir analisis adalah minimal 75% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai ?75. Kriteria keberhasilan variabel rasa ingin tahu adalah minimal 75% siswa mendapat skor ?75. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan kemampuan berpikir analisis mengalami peningkatan dari pra siklus 35.5%, siklus I 38.71%, dan siklus II 80.64%. Selanjutnya persentase ketuntasan rasa ingin tahu juga mengalami peningkatan dari pra siklus 35.5%, siklus I 51.61%, dan siklus II 77.41%. Persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada siklus I yaitu 83.3% dan pada siklus II yaitu 100%. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis dan rasa ingin tahu siswa. Tahapan model pembelajaran inkuiri terbimbing diantaranya (1) penyajian masalah, (2) merumuskan hipotesis, (3) melakukan percobaan untuk memperoleh data, (4) menganalisis data, dan (5) membuat kesimpulan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Analisis, Rasa Ingin Tahu, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing M1 - skripsi AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/59739/ ID - UNY59739 ER -